Rabu, 28 September 2016

PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN MENURUT PARA AHLI



PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
MENURUT PARA AHLI

1.     Administrasi Menurut Para Ahli

a.     Dalam Negeri
.      Menurut  Prof. Dr. Sondang P. Sugio Mpa. dalam “Falsafat Administrasi” (2000:2674)
Administrasi adalah satu keseluruan proses penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang dasarkan paada rasio-rasio tertentu, oleh dua orang atau lebih dalam rangka pencapaian satu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan sarana dan prasarana tertentu pula.

.      Drs. Soewarno Hardayaningrat dalam bukunya berjudul “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen’’(1996:2)
Administrasi adalah kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Jadi tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari pada administrasi yang akan dipelajari.

.  Menurut Azhor Arsad dalam bukunya ”Pokok Manajemen” (1996)
Administrasi adalah proses pengadaan dan pengaturan rincian keja dan tugas para pelaksana.

.      Drs. The Liang Gie dalam  “Administrasi Perkantoran Modern” (1991:13)
Administrasi adalah segenap rangkaiaajn kegiatan penataan terhadap perkerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja samanya utuk mencapaai tujuan tersebut

.  Menurut H.A. Simon dalam bunkunya “Public Administration“ (1950) 
Administrasi adalah kegiatan dari kelompok yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.


b.     Luar Negeri

Ø  Leonard D. White (1958)
Administrasi adalah proses yang umum di semua upaya kelompok di kedua perusahaan publik atau swasta.
Ø  Wiliaw H. Newman (1963)
Administrasi adalah kepemimpinan dan pengawasan kelompok usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
Ø  William Leffingwell dan Edwin Robinson
Administrasi adalah cabang dari manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan kantor yang efisien, kapan dan di mana pekerjaan itu harus dilakukan.
Ø  Arthur Grager
Administrasi adalah fungsi komunikasi pelaksanaan dan jasa dari slip organisasi.
Ø  George Terry
Administrasi adalah pengendalian, dan pengorganisasian kerja, serta mobilisasi mereka yang menerapkannya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Ø  Menurut WH EVANS
Administrasi adalah fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pengolahan informasi, komunikasi, dan memori organisasi.
Dikutip dari: lusysaycin07.blogspot.com/ Dan https://id.wikipedia.org/

KESIMPULAN :
Administrasi adalah satu keseluruan proses penyelenggaraan kegiatan-kegiatan penataan terhadap perkerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan bersama.


2.     Manajemen Menurut Para Ahli

a.     Dalam negerI

v  Dr. SP. Siagian
Dalam buku “Filsafat Administrasi” definisi manajemen sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui oranglain.
v  Prof. Dr. H. Arifin Abdulrachman
Dalam buku “Kerangka Pokok-Pokok Management” diartikan sebagai kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas, proses, yakni kegiatan dalam rentetan urutan-urutan, insitut/orang-orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan.
v  Drs. Oey Liang Lee Pengertian manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
v  Menurut Hilman: Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
v  Drs. Oey
Manajemen adalah perrencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.
v  Prof. Eiji Ogawa
Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, pengendalian, kegiatan-kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu menetapkan sarana-sarana untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

http://pekanews.com/2016/06/pengertian-manajemen-menurut-para-ahli-dan-7-fungsi-manajemen/

b.     Luar negeri
*      Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
*      Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,  pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
*      Lawrence A. Appley berpendapat bahwa pengertian manajemen merupakan keahlian untuk menggerakan orang agar melakukan sesuatu
*      George R. Terry, mengatakan bahwa manajemen merupakan proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan : perencanaan,  pengorganisasian, menggerkan dan pengawasan yang dialkukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia  serta sumber -sumber lain.
*      Lyndak F. Urwick:  Pengertian manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).
*      James A.F. Stonner.  Mmanajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.

KESIMPULAN :
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk memperoleh sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.


2 komentar: